Internet Tingkatkan Kemampuan Otak

Para peneliti dari University of California, Los Angeles, telah menemukan dampak dari penggunaan internet yang dapat menambah kemampuan otak. Para tim ilmuwan itu menemukan bahwa para pengguna intenet (user) yang berusia di usia pertengahan, dapat mengalami stimulasi bagian tertentu dari otaknya, dan perubahan proses alami yang dialaminya saat usia tua kelak akan terperlambat.

Studi yang dilakukan oleh tim ilmuwan yang meliputi 24 sukarelawan berusia antara 55 hingga 76 itu dan separuh dari mereka telah berpengalaman menggunakan internet, melakukan scan terhadap otak mereka ketika online di internet. Hasilnya menunjukkan, responden yang berpengalaman menggunakan internet memiliki aktivitas otak di area pengontrol pengambil keputusan dan alasan yang kompleks.

Dari hasil tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan internet dapat memprovokasi user untuk membuat pilihan yang kompleks mengenai materi yang mereka inginkan. Ini terlihat dari kecepatan dan kelambatan user menemukan informasi yang dimaksud dari internet.

Pimpinan tim ilmuwan, Professor Gary Small, menyatakan bahwa hasil studi ini menunjukkan bahwa teknologi komputer memiliki efek psikologi, dan menguntungkan untuk konsumen yang berusia pertengahan atau berusia dewasa atau tua. Dengan internet, aktivitas otak yang rumit akan berfungsi, sehingga ia dapat berlatih dan melakukan imprufisasi fungsi. (Ali)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: