Semiloka Pengembangan Kurikulum IDIA

Kurikulum menjadi salah satu unsur terpenting bagi tegaknya sebuah lembaga pendidikan. Kurikulum tidak saja berbicara bagaimana proses pembelajaran berlangsung, lebih dari itu, bagaimana seluruh aspek pendidikan dan pengajaran, dan seluruh unsur pendukungnya dikelola dan dikembangkan. Dalam konteks itu, IDIA Prenduan melaksanakan Semiloka Pengembangan Kurikulum pada Kamis-Sabtu, (25-27/12).

Menurut Ketua Panitia, KH. Abu Shiri Sholehuddin, semiloka ini bertujuan untuk: pertama, mengevaluasi dengan meninjau kembali penerapan kurikulum pendidikan di IDIA Prenduan. Kedua, Menyepakati rumusan kurikulum di lingkungan IDIA Prenduan yang akan menjadi pedoman bersama dalam penyelenggaraan pendidikan, dan ketiga,  menyepakati sebaran mata kuliah dalam elemen dan jenis kompentensi.

Pada saat menyampaikan sambutan, KH. Maktum Jauhari, M.A. selaku Rektor IDIA mengaku bangga dengan dilaksanakannya semiloka ini. “Mudah-mudahan ke depan IDIA Prenduan lebih baik dan lebih,” harapnya di depan civitas akademika IDIA.

Hadir sebagai pembicara dalam semiloka ini antara lain: KH. Moh. Idris Jauhari (Pimpinan Pondok), Prof. Dr. Machasin M.A. (Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam Depag RI), Dr. Abdul Qadir, M.Sc. (Dosen IAIN Surabaya),  Prof. Dr. Muhaimin, MA. (Dosen UIN-Malang), Kepala Bappeda Sumenep, dan Tim Ahli Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Semiloka ini diikuti oleh seluruh civitas akademika IDIA Prenduan: rektor, pembantu rektor, dekan fakultas, ketua jurusan, dosen pengajar dan perwakilan mahasiswa.

Semiloka ini dipungkasi dengan penyusunan kurikulum baru IDIA yang langsung ditangani oleh ketua jurusan masing-masing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: