Edisi 1

UASBN SD Gaya Baru Penindasan Psikologi Anak

Beberapa bulan lalu, saya dan beberapa guru kelas enam SD di Semarang mengikuti penjelasan tentang UASBN (Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional). Kami dijelaskan cara mengisi LJK (Lembar Jawaban Komputer) yang prakteknya dibimbing pengajar dari Primagama, sebagai pihak yang bertanggungjawab menggelar //try out// UASBN di kota kami.

Kami mengisi LJK seperti layaknya ujian. Waktu lima menit untuk mengisi nama, nomor tes, kode soal dan jawaban soal nomor 1 hingga 15. setelah waktu yang disediakan habis, LJK dikumpulkan dan dikoreksi, lalu tutor mengumumkan hasil ujian kami. Semua kaget, karena banyak guru yang salah mengisi LJK, bahkan ada beberapa orang yang jawabannya tidak muncul atau //error//.

Setelah dianalisis, kesalahan kami ternyata muncul dari kepanikan kami dalam mengisi LJK. Ini menunjukkan, bahwa guru sebagai orang dewasa saja bisa panik dalam mengisi LJK, apalagi anak didiknya yang masih labil perasaannya nanti melakukannya.

Sebagai guru dan bekas siswa yang pernah merasakan penyiksaan dalam mengisi LJK, saya tidak setuju jika UASBN SD harus dilaksanakan. Alasannya pengalaman kepanikan //(nervous)// saya dan banyak rekan-rekan guru saat mengerjakan LJK di atas.

Penelitian menunjukkan, bahwa nervous dapat berakibat terganggunya neuron-neuron sensorik otak yang menimbulkan stres dan terhambatnya aliran darah ke otak. Daya ingat siswa tentu akan menurun, dan kemampuan berpikirnya juga terganggu.

Jika UASBN tetap dilaksanakan, dampaknya tentu lebih besar bagi siswa-siswa SD yang akan menjalaninya. Jadi bagi saya, UASBN akan menjadi pemerkosaan hak anak untuk berpikir. Terlebih dalam wacana sekolah gratis dan wjib belajar (Wajar) sembian tahun, kita sadari bahwa UASBN merupakan salah satu pengganjal besarnya.

Ibnu Anwar (http://nurjaya.wordpress.com)

Tv Online Ponpes Al-Amien

Melihat pesatnya perkembangan teknologi, rasanya Pondok Pesantren Al-Amien sudah saatnya memiliki TV online komunitas. Alasan utama kegunaan teknologi ini adalah untuk dakwah. Kemudian dapat digunakan untuk memperkaya informasi dan pendidikan agama yang lebih interaktif di dunia internet. Selain itu, memang sudah saatnya Pondok Pesantren turut aktif turut ‘berperang’ menghadapi kejahatan virtual di dunia bebas tanpa batas yang bernama internet.

Salah satu contoh TV online komunitas dapat dilihat di website TV online komunitas yang dikelola kampus ITS surabaya. http://tv.its.ac.id/. Alangkah baiknya jika Al-Amien Prenduan bisa memiliki media serupa, yang berisi tentang nasehat para Kiai, misalnya. Atau ulasan-ulasan kegiatan pondok yang bisa digunakan sebagai ajang promosi. Atau pula sajian video-video tutorial tentang ilmu-ilmu keagamaan, mulai dari belajar membaca al-Qur`an dan sebagainya.

endikawijaya@yahoo.com

Kampanye Via Sms

Pemilu Presiden sebentar lagi. Musim kampanye juga sudah dimulai. Beragam cara digunakan, termasuk mengirim sms secara acak. Bisa dipastikan, pemakain pulsa akan naik.

Mungkin inilah momen yang tepat untuk memulai bisnis menjadi penyedia atau distributor pulsa secara mandiri. Tinggal hitung jumlah kontak relasi di kotak seluler kita, kita pun bisa langsung berbisnis.

Hidayat

PT.Cendana Pulsa. Jl.Soekarno Hatta Ruko Permata Griya Shanta NR 24-25 Malang

Indonesia Kian Demokratis

Sebagai rakyat yang cinta tanah air, kita patut prihatin atas semakin memanasnya suhu politik di Indonesia. Tapi ini menjadi “berkah” yang semakin menunjukkan demokratisasi Indonesia di mata dunia. Hal ini terbukti dengan semakin takjubnya sebagian negara-negara Eropa.

Hartmurt Nassauer, Ketua Delegasi untuk Hubungan dengan ASEAN Parlemen Eropa, setelah mendapatkan paparan pelaksanaan pemilu legislatif dan pilpres di Kantor KPU beberapa bulan lalu mengatakan, yang paling menarik untuk dipantau dari pemilu di Indonesia dengan wilayah yang sangat luas dan memiliki lebih dari 70 ribu pulau.

Nassauer menambahkan, pemilu yang dilakukan dengan semangat transparansi adalah bukti stabilitas pembangunan di Indonesia.

Zulfan Syahansyah (abdurahmanmakky@yahoo.com)

Pengembangan Ponpes Darul Ikhlash

Dalam rangka pembangunan, renovasi dan pengembangan Pondok Pesantren Darul Ikhlash, dengan ini kami menyampaikan bahwa saat ini kami sangat mengharap dukungan dana dari segenap kaum //muhsinîn//. Sekaligus kami sampaikan permohonan dana kepada Bapak/Ibu, baik dalam bentuk wakaf, zakat dan infaq demi kelancaran pembangunannya.

Bagi kaum //muhsinîn// yang berkenan mendukung program mulia ini dapat menyalurkannya melalui rekening: No. Rek. 0266.01.007172.50.1, BRI Cabang 0266 Lubuk Pakam, a/n. MTS. Darul Ikhlash Pagar Merbau.

Atau menyalurkannya langsung ke Pondok Pesantren Darul Ikhlash, Jl. Batu Galang 8 Pagar Merbau, Deli Serdang, Sumatera Utara. Telp. 0617-954331.

banganut@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: