Cegah Seks Bebas Bukan Pernikahan Dini

Kejahatan seks bebas telah menjerat generasi muda Indonesia saat ini. Menurut dr Rini dari Forum Muslimah untuk Indonesia Sehat, kebijakan pemerintah dalam pencegahan perkawinan dini atau usia muda merupakan salah satu faktor pemicu rebaknya kejahatan seks bebas.

“Pemerintah seharusnya melakukan langkah-langkah pencegahan bagi terjadinya model dan gaya hidup seks bebas, bukan justru mencegah perkawinan dini,” tegas Rini dalam diskusi interaktif Kesehatan Reproduksi Remaja di kampus Universitas Islam Bandung (Unisba) beberapa waktu lalu. Menurutnya, perilaku seks bebas harus didahulukan dicegah karena bukan hanya membawa dampak buruk termasuk penyakit kelamin, tapi juga merusak masyarakat dengan penyakit moral.

Terkait dengan amandemen UU no.23/1992 Tentang Kesehatan yang sepintas melegalkan aborsi, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) ini menolak tegas. Menurutnya, tidak ada aborsi yang aman, “Tidak dilegalkan saja kasus aborsi sudah 3 juta per tahun. Aborsi bukan hanya masalah medis, tetapi juga merupakan masalah sosial,” tandasnya.

Dokter muda ini pun menyayangkan penyuluh kesehatan yang kerap kali menggunakan alat peraga. “Penjelasan organ-organ reproduksi, organ genital, baik dari segi fisiologis maupun anatomis, akan membentuk persepsi seksual yang akan menggelorakan nafsu seksual yang akhirnya mendorong seks bebas,” katanya. (Islah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: