Al-Amien Terima Bantuan CAP Depkominfo

Pondok pesantren Al-Amien Prenduan kembali memperoleh kepercayaan. Kali ini dari Departemen Komunikasi dan Informasi RI untuk mengelola Communty Access Point (CAP) di Jawa Timur. Community Access Point sendiri telah digagas sejak lama oleh Depkominfo sebagai salah satu program unggulan dalam rangka menuju masyarakat informasi Indonesia 2020.

“Diharapkan pesantren menjadi ujung tombak Depkominfo dalam penyebaran informasi, khususnya yang berbasis internet bagi masyarakat sekitarnya,” tegas Bambang Soeprijanto, S.H, M.Sc., Direktur Pemberdayaan Telematika Defkominfo RI saat proses penyerahan bantuan di Jakarta (11/12).

Untuk mengelola program ini, Al-Amien dan 21 lembaga lainnya satu unit komputer server, 9 unit komputer client lengkap dengan koneksi internet. Diharapkan fasilitas tersebut dapat dimaksimalkan oleh para pengelola di daerah-daerah.

Unit CAP di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan saat ini dikelola oleh Divisi Information and Communication Center (ICC), satu divisi di bawah tanggung jawab langsung Sekretariat Yayasan Al-Amien Prenduan. “Keberadaan unit ini telah terasa manfaatnya dengan diluncurkannya “kotak pintar” yang memberikan layanan internet gratis bagi para user (santri). Ke depan, diharapkan unit CAP ini dapat memberikan kontribusi lebih bagi Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dan masyarakat sekitar pada umumnya,” terang Anwar Dani, penanggung jawab ICC, (25/2).

Khusus di Jawa Timur, selain Al-Amien, ada beberapa pondok pesantren yang juga memperoleh program ini, antara lain: Pondok Modern Gontor Ponorogo, Pondok Pesantren Ummul Quro’ Pamekasan, Pondok Pesantren Abu Syukur Bojonegoro.

Menurut Dani, beberapa program yang akan dilaksanakan antara lain Internet

Advertisements